foto-kontak

Mengenal Markisa Besar atau Markisa Jumbo


Sahabat Petani Samping Rumah, kesempatan kali ini kami akan memberikan sebuah informasi mengenai tanaman Markisa Besar atau Markisa Jumbo. Tanaman ini sudah lama hidup di Indonesia, namun belakangan ini dah mulai langka. Alhamdulillah sekarang telah banyak masyarakat yang peduli akan tanaman, dan makin banyak yang menana markisa besar. Baiklah tidak panjang lebar, mari kita simak bersama.

Markisa Besar atau Markisa Jumbo yang juga disebut giant markisa spesies Passiflora quadrangularis L dan berasal dari Brazilia, Argentina, Paraguay.
Buah markisa yang sudah siap panen
Klasifikasi Markisa Besar
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Bangsa : Parietales
Suku : Passifloraceae
Marga : Passitlora
Jenis/ Spesies : Passiflora quadrangularis L., Granadilla buto
Nama Umum/dagang : Markisa
Nama daerah
Sumatera : Rubis (Palembang), Balewa (Melayu)
Jawa : Markusa (Sunda), Markisa (jawa)
Diluar Negeri sering disebur Giant Markisa, granadilla Buto

Bentuk Daun dan sulur Markisa Besar atau Markisa Jumbo

Markisa Besar atau Markisa Jumbo termasuk tanaman semak hidupnya menjalar panjang kuang lebih 10 m.
Ø Batang : Markisa mempunyai batang kecil, langsing, dan panjang sekali, bentuk persegi, semu, lunak, halus, warna hijau kecoklatan. Batangnya merambat dengan bantuan sulur berbentuk pilin (spiral).
Ø Daun : Tunggal, lonjong, tersebar, panjang 7-20cm, lebar 5-15cm, tepi rata, ujung runcing, pangkal membulat, pertulangan menyirip, permukaan licin, tangkal persegi, panjang 2-6cm, dan berwarna hijau.
Bunga
Bunga tunggal, bulat berbentuk mangkok, berkelamin dua(hermafrodit) dan menempel di ketiak daun, tangkal bergerigi, panjang 3-4cm hijau, mahkota berbentuk lonjong, permukaannya beralur, warna ungu, benang sari bertangkai, bentuk tabung, panjang ± 6cm warna ungu, kepala sari silindris, panjang ± 6cm warna putih, putiknya pendek warna kuning dengan kelopak bunga berbntuk lonjong warna hijau. beraroma khas harum. Semua jenis markisa (Passiflora) termasuk penyerbuk silang dengan bantuan lebah madu.penyerbukan sendiri masih dapat berlangsung baik.Untuk mendapatkan hasil panen yang optimal, biasanya penyerbukan di lakukan oleh manusia seperti halnya penyerbukan pada tanaman vanily.
Buah :
Bakal buah Markisa Besar atau Markisa Jumbo bentuknya sangat unik (maaf hampir menyerupai penis orang dewasa) hal tersebut pernah saya jumpai pada artikel yang diposting oleh Durian Blossom tapi mempunyai ukuran jauh lebih besar | mungkin karena hidup di barat >>> eittt....menyesuaikan anatomi orang barat... setelah beberapa minggu berubah seperti bakal buah pada umumnya he he he bukan porno tapi itu kenyataannya, semakin besar semakin berubah dan akhirnya berbentuk lonjong.
Buah Markisa Besar atau Markisa Jumbo berbentuk lonjong dengan panjang ± 20cm, diameter ± 15 cm berat 3-5 kg warna hijau ke putih putihan.Buah yang sudah masak/ranum berwarna kekuningan dan beraroma khas harum buah markisa.
Biji : Bulat pipih panjang ± 0,3 cm, putih
Akar : Tunggang warna putih kotor
Kandungan :
Buah, biji, dan daun pada tanaman ini mengandung substansi yang tidak stabil, yaitu asam hidrosianat dan laktone. Sementara buah yang masak mengandung Ca, P, Fe.
Manfaat dan Khasiat
Daun Markisa Besar atau Markisa Jumbo/ Passiflora quadrangularis L berkhasiat untuk peluruh air seni, kencing nanah, sedangkan buahnya selain untuk sari buah segar (dicampur dengan sirup).juga dimanfaatkan untuk obat penenang juga berkhasiat menghilangkan rasa nyeri (analgesik) dan memperkuat paru.
Beberapa Herbalis memanfaatkan Seluruh bagian Markisa untuk digunakan sebagai obat dan berkhasiat sebagai anti radang, penenang (sedatif), peluruh kencing (diuretik), serta bersifat membersihkan panas dan racun. Seorang herbalis yang mantan seorang Pendeta di daerah Malang(Perumahan Sawojajar.) malah menggunakan markisa besar untuk pengobatan kanker.
Penyakit yang bisa diobati diantaranya :
1. Batuk karena paru-paru panas
2. Radang kelenjar getah bening leher (servikal limfadenitis)
3. Sulit tidur (insomnia), sering gelisah dan bermimpi buruk
4. Kelelahan kronis yang abnormal (neurasthenia)
5. Hipertensi
6. Bengkak (edema), kencing berlemak (chyluria)
7. Penyakit kult seperti koreng, skabies, borok (ulcus) pada kaki.
Cara pemakaian :
Untuk obat yang diminum : Rebus herba segar sebanyak 5--15 g, lalu minum airnya.
Untuk pemakaian luar : Cuci herba segar secukupnya, lalu rebus. Setelah dingin, gunakan airnya untuk mencuci penyakit kulit yang Anda alami. Atau bisa juga dengan menurapkan herba segar yang telah digiling halus ke bagian yang sakit.

Demikian sedikin informasi mengenai "Markisa Besar atau Markisa Jumbo"  semoga memberi manfaat.

nb : bibbit dapat diperoleh di www.pusatbiji.com

17 komentar:

  1. suka dengan tag line petani samping rumah. sedang belajar menanam markisa besar. ini sudah dapat buah yg tua, bijinya besok disemai. bagaimana cara pengolahan markisa selain ditambahkan sirup?

    BalasHapus
  2. Berapa umur tanaman markisamarksampai besar ini sampai bisa berbuah ? Saya sudah tanam hampir 7 bulan tp belom berbuah juga

    BalasHapus
  3. Berapa umur tanaman markisa besar ini sampai bisa berbuah ? Saya sudah tanam hampir 7 bulan tp belom berbuah juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi semua...kebetulan saya juga menanam mas..dalam waktu 1 tahub sudah berbuah,usahakan kena sinar matahari,buahnya akan semakin banyak...

      Hapus
  4. Punya buah masrkisa besar enaknya di apain ya???

    BalasHapus
  5. Punya buah masrkisa besar enaknya di apain ya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Markisa Jumbo kalau dimakan langsung begitu sj memang kurang enak, sebaiknya dipake untuk campuran es buah. Atau tambahkan aja syrup cocopandan/syrup melon tambahkan es batu. Cocok untuk minuman siang hari yg terik.

      Hapus
  6. Alhamdulillah sy senang makan buahnya manis segar....kiara2 apa khasiatnya markisa besar tu gam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara makannya bagaimana pak?
      Saya dikasih buah markisa besar dari tetangga,tapi kok warnanya masih agak hijau.
      Lalu setelah dibuka,rasanya aneh,hampir seperti melon/blewah tapi ga manis.
      Jadi bagian buahnya dipotong,dikasih gula+air,sama ky es buah gitu pak.

      Ada yg bilang,yg dimakan bukan bagian daging buahnya.

      Tolong dijelaskan ya pak,atas jawabannya saya ucapkan terimakasih :)

      Hapus
    2. Khasiatnya sdh dijelaskan di artikel diatas. Baca lagi gan ya..

      Hapus
  7. Ingin tahu cara menanamnya bgmn ?

    BalasHapus
  8. Yg dimakan daging biji & airnya. Daging buahnya kalau mentah buat ditumis, kalau matang buat isian es buah..

    BalasHapus
  9. Sy punya markisah jumbo, sdh mulai berbuah. Tp cm satu tok, bunga bunga yg lain semua rontok. Bgaimn ya solusinya?

    BalasHapus
  10. Bunganya Byk yg rontok. Bgaimn solusinya ya

    BalasHapus
  11. Markisa jumbo yang saya tanam melalui proses stek biar merangsang pertumbuhan bakal bunga kira kira dikasih pupuk apa min.

    BalasHapus
  12. Markisa jumbo setelah mekar berbunga,penyerbukannya manual( kita serbuk sendiri) kqrena mungkin tidak adanya kumbang untuk membantu penyerbukannya.saya ada pohon markisa jumbo dan sampai harini udqh ada sepuluh buah,dan hari ini saya lakukan penyerbukannya sekitar delapan bunga. Dari menanam yg awalnya di tanggal 16 juni 2019 setinggi 70 cm, namun saat ini nopember 2019 sudqh berbuah.

    BalasHapus

Diharapkan untuk memberikan komentar sesuai dengan tema, agar postingan tetap berkualitas,, salam hijau..... go..............green.